Mawar Turki, dari merah hingga hitam, dari jumbo hingga langka

1.570 Views

Jauh-jauh ane ke Turki ma suami, eh ketemu mawar juga. Ga hanya satu warna, tapi beraneka ragam, dari aneka warna merah, tua, muda, merah kekuningan, orange sampai putih. Kebayang kan ane yang emang pencinta keindahan dan yang cantik-cantik ketemu dengan segerombolan mawar-mawar yang jumbo lagi menggemaskan ini? Tapi kebayang ga kalo pemirsa diberi kekasih hati mawar hitam? Nerima apa ga?

Mawar-mawar ini tumbuh dimana aja, di pekarangan rumah, di kebun bahkan merambat hingga ke pagar. Suami dengan sabar menunggu ane memfoto mawar-mawar ini. Saat ditawarin ma suami situ mo foto sama mawar juga ga, ane bilang ga, makasih, cukup mawar-mawar ini ajaah.. ane dah bahagia banget 😊Ane mah ga muluk-muluk orangnya, ketemu ma mawar aja dah bahagianya ga ketulungan 😊

Kita ke provinsi Manisa, di ibukota Manisanya yang bernama Manisa juga, Turki, ke kota tetangga lainnya juga yang ga berapa jauh dari kota Manisa. Rencana awal emang mau liat kebun tanaman zaitun, eh belum sempat ngeliat pohon-pohon zaitunnya dah dihadang ma mawar-mawar jumbo nan cantik ini terlebih dahulu yang tumbuh subur.

Begitu juga saat kita ke daerah lautnya di Foca, di propinsi barat Izmir, sekitar 2 jam perjalanan dari Manisa, Turki, di pagar tanaman penduduk sini banyak tumbuh mawar. Pas dengan latar belakang perumahan yang tinggi-tinggi dan lautnya. Apik banget deh pokoknya.

Ane juga ada dengar di Turki mawar yang terkenal adalah yang berwarna hitam. Katanya ini simbol cinta mati. Wow.. Mawar ini hanya tumbuh baik di Halfeti, desa mungil di provinsi Sanliurfa, Turki. Kenapa ga bisa tumbuh baik di tempat lain? Karena daerah Halfeti memiliki kondisi tanah yang langka dan berbeda dari daerah lain. Juga faktor geografis daerah Halfeti yang berdekatan dengan sungai Efrat sehingga mempengaruhi iklim di sana.

Hal inilah yang membuat mawar di sana berwarna magenta tua atau ungu tua mendekati hitam.

Pigmen atau zat yang mempengaruhi warna yang ada pada mawar yang nampak misterius ini bernama anthcyanin. Zat ini juga terdapat di dalam buah rapsberry dan blueberry. Bunga mawar hitam ini hanya mekar 2 kali selama setahun, lama mekarnya berkisar 15 hari. Sayangnya mawar hitam saat ini terancam punah. Karena selain hampir mustahil untuk mengembangkan mawar hitam di daerah lain juga di daerah ini banyak digusur dan mulai ditinggalkan warga karena dibangunnya bendungan Birecik.


Nah, mau pilih mawar yang mana.. Semuanya cantik-cantik kan

      

Bir cevap yazın