Rmbutan, hanya disiram dengan air bekas cucian sayur mayur aja pemeliharaannya

951 Views

Kalo yang merasa Indonesia asli pasti kenal ya dengan buah yang cantik lagi manis manja ini. Sempat setahun seantero jagad ga musim, ga tau kenapa, tahun ini rambutan berbuah dengan hebohnya hingga musim rambutan menjadi hal yang ditunggu-tunggu segala kalangan, tua muda balita hingga kaum alay ­čśŐTermasuk ane. Emang sih ane ga lagi di kampung halaman, tapi kalo masalah rambutan ane peka banget karena rambutan merupakan salah satu buah favorit ane sedari imut-imut hingga saat ini.

Sejak ane nemu dan membeli leci yang mirip rambutan di Austria ini dan mengkonsumsinya, ane teringat selalu tanaman rambutan di halaman rumah. Apa kabarnya ya.. Buah leci sebagai obat kangen ane ma buah rambutan, tetap ga ngilangin rasa penasaran ane ma rambutan ini hingga selalu memantau perkembangannya. ÔÇśMasih kecil dan ijo-ijo, yang, ÔÇślaporan adek perempuan ane. Okelah, ga apa-apa. Kabari aja kalo dah masak dan jangan lupa dikirim fotonya ya­čśŐ

Suprais banget sebulan lebih kemudian datang laporan kembali, keluarga lagi panen rambutan meski hanya sebatang yang tumbuh dan berbuah di halaman samping rumah­čśŐ Ini tanaman rambutan kesayangan kita karena buahnya yang montok dan rasa premium ­čśŐPadahal ga diperlakukan super istimewa lho. Tumbuhnya aja nyempil hanya beberapa meter dari ruang tidur dan beberapa dahannya malah menggayut manja di atap rumah ­čśŐEmak ane hanya menyiram tanaman rambutan ini dengan air bekas cucian beras dan sayur mayur.

Ane ikut berbahagia melihat buah kampung rasa kota ini, rambutan-rambutan asli alami tanpa pupuk, pestisida dan bahan kimia ini meski hanya lewat foto. Lebih bahagia lagi melihat kebersamaan ponakan-ponakan ane yang berbahagia dengan rambutannya. Oh ya, di rumah kita ada juga pohon kelapa gading yang hanya beberapa meter tingginya. Bahkan anepun bisa memetiknya saking pendeknya ­čśŐ Waktu suami di Indonesia, beliau ane perkenalkan ma es dogan, itu tuh air kelapa muda ma daging halusnya, seketika doyan dan jadi minuman favorit beliau ­čśŐ

Ok, sekarang kita kenalan yuk ma rambutan. Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah di Asia Tenggara. Kata ÔÇÜÔÇśrambutanÔÇś berasal dari bahasa Indonesia/Malaysia, merujuk pada bentuk buahnya yang mempunyai kulit yang menyerupai rambut.

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia , Filipina, Thailand dan Srilanka.

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki ÔÇśrambutÔÇś di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi ÔÇśdagingÔÇś. Bagian buah yang dimakan, ÔÇśdaging buahÔÇś, sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas (rambuatan ace/ngelotok).

Jika pertumbuhan musiman, buah masak pada bulan Desember hingga Maret, dikenal sebagai ÔÇÜÔÇśmusim rambutanÔÇś. Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain seperti durian dan mangga.

Yuk sekarang kita liat klasifikasi ilmiahnya

Kingdom : Plantae
Ordo : Sapindales
Famili : Sapindaceae
Genus : Nephelium
Spesies : N. lappace

Kandungan gizi rambutan per 100 g

Kalori (kcal) 82
Jumlah lemak 0,2 g
Kolesterol 0 g
Natrium 11 mg
Kalium 42 mg
Jumlah karbohidrat 21 g
Serat pangan 0,9 g
Protein 0,7 g
Vitamin A 3 IU
Vitamin B1 0,013 mg
Vitamin B2 0,022 mg
Vitamin B3 1,352 mg
Vitamin B6 0,02 mg
Vitamin B9 8 ┬Ág
Vitamin C 4,9 mg
Kalsium 22 mg
Zat besi 0,4 mg
Magnesium 7 mg
Mangan 0,343 mg
Fosfor 9 mg

Banyak banget ya kandungan gizinya. Kalo banyak kandungan gizinya pasti banyak dong manfaatnya. Sekarang yuk kita simak manfaatnya antara lain:

Sebagai sumber energi

Rambutan mengandung gula seperti fruktosa dan sukrosa serta karbohidrat sehingga dapat menjadi buah sumber energi

Menyehatkan mata

Adanya kandungan vitamin A dalam rambutan dapat membantu menyehatkan mata

Anti kanker

Bagian rambutan yaitu buah, biji, dan kulit rambutan mengandung antioksidan yang kuat yang disebut flavonoid yang diyakini mampu mengurangi kolesterol, bersifat anti kanker dan anti inflamasi.

Melindungi dari serangan radikal bebas

Selain antioksidan, senyawa dalam kulit kambutan mengandung senyawa asam galla yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas

Menyembuhkan penyakit kekurangan vitamin C

Mengkonsumsi 10 sampai 12 buah rambutan sama dengan memperoleh 75-90 mg vitamin C, dua kali lebih banyak dari yang disarankan dalam menu sehari-hari, hingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C dapat mencegah kerusakan sel, cocok buat yang bibirnya pecah-pecah , sariawan, sakit tenggorokan, bermasalah dengan kulit, dan membantu penyerapan zat besi.

Membantu menyaring limbah dari dalam ginjal dan kebutuhan jaringan sel

Daging rambutan mengandung fosfor yang memenuhi 4,3% dari kebutuhan harian untuk tubuh hingga sangat berguna untuk membantu menyaring limbah dari dalam ginjal serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan sel tubuh.

Pembentukan Darah

Buah rambutan mengandung sejumlah kecil tembaga dan juga zat besi yang diperlukan untuk membentuk sel darah putih dan sel darah merah. Adanya zat besi juga berguna untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh, mencegah terjadinya anemia seperti kelelahan dan pusing.

Pencernaan yang sehat

Serat yang terdapat pada rambutan membantu memperlancar BAB, mematikan parasit dan bakteri dalam usus hingga dapat membantu meringankan gejala diare.

Untuk program diet

Ini kabar gembira terutama untuk emak-emak yang selalu galau akan masalah berat badan. Meski rambutan adalah buah pemberi sumber energi tapi mengandung kalori yang tidak terlalu tinggi hingga cocok untuk diet.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsilah secara langsung buah yang segar tanpa harus dibikin macam-macam, seperti dilepas daging buahnya satu-satu, buah menjadi kurang higienis karena terlalu lama terkena udara. Selain itu jangan mengkonsumsinya berlebihan ya, karena yang berlebihan itu ga baik buat kesehatan.

Emang sih rambutan itu enak banget dan bikin fresh serta galau hilang, dan ga selalu ada setiap saat, hingga ketika datang ┬ámusimnya, kadang-kadang kita kebablasan mengkonsumsinya ­čśŐKandungan gula dalam rambutan bersifat alkoholic yaitu kandungan gula berubah menjadi alkohol bila terlalu masak, hingga menaikkan kadar kolesterol dan berbahaya untuk penderita diabetes. Jadi mengkonsumsi secara berlebihan ga dianjurkan untuk penderita diabetes ya, ga apa-apa kalo mengkonsumsinya sekedar aja.

Semoga tulisan ane bermanfaat. Buat pemirsa dan saudara-saudara di kampung halaman yang sedang menikmati rambutan, selamat menikmati ya ­čśŐ Karena di Austria ga ada yang jual, maka sebagai gantinya ane konsumsi leci, kembarannya, yang lumayan juga tersedia di sini, diimpor jauh lho dari Madagaskar sana ­čśŐTentang leci ane akan bahas di edisi selanjutnya ­čśŐ

 

Bir cevap yaz─▒n