Berburu ikan segar hingga ke tepi laut Yeni Foca, hanya 1 jam dari kota Manisa, Turki

1.939 Views

Di edisi sebelumnya ane pernah cerita sedikit tentang Foca ya, dimana kita nemu mawar-mawar cantik yang merambat di pagar dengan latar belakang perumahan dan pegunungan yang menjulang tinggi.

Kita ke daerah lautnya setelah sebelumnya menikmati kota Manisa lengkap dengan segala aktivitas sepanjang hari dan hiruk pikuk kotanya yang ga pernah tidur. Pengen dong ke daerah lautnya dan hunting ikan segar 😊Mau bukti kalo Turki punya segalanya yang pelancong inginkan, kota metropolis dan modern, atau kampung yang ndeso banget, pengunungannya yang menjulang tinggi sampai ke daratan rendahnya laut, ada semua di Turki 😊Bening mata liatnya, bukan promosi tapi fakta membuktikan negara yang terletak di dua benua Eropa dan Asia ini emang cantik dan menjadi incaran tujuan wisata pelancong (eaa..emangnya gadis 😊). Sekitar 32 juta pelancong yang datang ke sini tiap tahunnya, 10 juta diantaranya ke Istanbul. Termasuk ane dan suami ya 😊

Foca adalah pusat distrik dan kota di wilayah Izmir, Turki. Terletak di daerah Aegean, Izmir, Foca memiliki total luas 205² km dengan populasi 36.107 jiwa. Berada di ujung wilayah Izmir yang menjorok ke laut, pesona Foca benar-benar mengagumkan. Di sepanjang kawasan Foca ada di tepi laut. Tapi kita ga ke Focanya, kita ke Yeni Foca, kalo diliat di peta dari Manisa kita lurus aja mencapai Yeni Foca. Dari Manisa ke Izmir hanya 36 km aja lewat darat. Tapi untuk mencapai Yeni Foca memakan waktu hampir 1 jam. Sepanjang jalan mata kita akan dimanja dengan pemandangan area pegunungan yang menjulang tinggi, berkelok kelok kadang di atas kemudian seketika menurun tajam layaknya pembalap kita 😊ada yang setengah gundul karena efek musim gugur hingga daerah lautnya terlihat jelas.

Izmir adalah suatu propinsi di Turki dengan ibukota yang bernama sama juga, Izmir. Izmir secara historis dikenal dalam bahasa Yunani adalah Smyrna, merupakan kota terpadat ketiga di Turki dan pelabuhan terbesar kedua di negara ini setelah Istanbul. Izmir terletak di Teluk Izmir, dekat laut Aegean, memiliki luas wilayah 11.973 km²  dengan penduduk hampir 4 juta jiwa.

Layaknya daerah laut, di Yeni Foca kita bisa temui ikan-ikan segar yang baru turun dari laut. Selain itu daerah laut Yeni Foca selalu ramai dikunjungi pelancong baik lokal maupun mancanegara. Dari yang hanya duduk-duduk di bangku taman yang menghadap ke laut ataupun bangku-bangku yang disediakan pihak hotel dan resto di sini, sampai yang memesan makanan atau hanya segelas kopi😊

Saat kita memasuki daerah lautnya, kita langsung berhadapan dengan laut yang biru bening airnya, disamping kanan kita terbentang pegunungan yang menjulang tinggi lengkap dengan bendera Turki yang dipancang diatasnya. Berkibar-kibar penuh semangat seakan menyapa kita.

Namanya daerah laut ya, pasti cuacanya panas. Tapi siapa sangka ternyata cukup dingin. Makanya kalo kesini siap-siap jaket tebal kalo ga mo kedinginan. Beda ma di kampung halaman ane yang panasnya bisa bikin gosong kulit 😊

Kalo yang pencinta kucing, disini banyak yang berkeliaran bebas. Kalo ga jauh sih ane bawa ke Austria dijadiin piaraan. Abis gemes banget liat kucing-kucing cantik nan gemuk ini melenggang santai, kucing sebangsa Angora yang lagi-lagi kalo di tanah air jadi hewan kesayangan yang mehong harganya.

Kita musti nego dan beli dulu untuk mendapatkannya, sedangkan kalo di sini Angora milik setiap orang tanpa perlu dikurung di rumah, ga boleh bersosilalisasi ma dunia luar. Mereka punya kebebasan penuh untuk hidup di luar rumah tanpa diatur-atur majikan😊.

Kita sempat mencicipi kuliner Yeni Foca. Seperti umumnya daerah laut ya, makanannya ga jauh-jauh dari seafood.

Menikmati ikan goreng segar dengan roti sebagai teman makannya dan salad ala Turki, daun maydonoz atau bule bilang peterseli yang penampakannya mirip seledri atau daun sop di Indonesia, yang di cincang kasar dicampur dengan sayuran lain kemudian disiram dengan minyak zaitun 😊

Bir cevap yazın