Mangga sebiji di Austria Rp.28.000, kaya antioksidan, vitamin dan mineral

553 Views

Siapa yang ga kenal mangga.. Mangga disukai segala usia karena bercita rasa tinggi, buah yang menyegarkan dan menyenangkan serta kaya manfaat. Kalo denger kampung halaman  sekarang lagi musim buah, duh jadi kangen.. pengen banget. Apalagi mangga ya.. Ga ada bosan-bosannya menikmati buah tropis eksotik ini 😊

Buah-buahan tropis ga hanya terkenal di wilayah lokal tapi sampai ke luar negeri juga termasuk di Austria. Supermarket berusaha sebisa mungkin memenuhi keinginan konsumen dengan menyediakan buah-buahan ini dari daftar jualan mereka. Apapun dilakukan, mendatangkan buah ini ribuan kilometer jauhnya dan harga mahal ga masalah. Tapi jangan tanya durian dan cempedak ya.. khusus yang ini ane ga tau apa bule ga doyan apa emang ga kenal sama sekali sama buah-buahan ini 😊

Alhamdulillah ketemu mangga. Seneng banget rasanya. Harganya yang mahal adalah normal mengingat ni buah emang bernutrisi tinggi banget dan kaya manfaat serta melalui perjalanan yang jauh hingga akhirnya sampai ke tangan ane. Dari Peru, sebuah negara di Amerika Selatan bow.. Harga sebijinya dibandrol 1,69 Euro atau sama dengan Rp. 28.000, nyaris Rp.30.000. Kalo di kampung halaman ane ini harga sekilo 😊

Yuk kenalan dulu dengan mangga

Mangga adalah sejenis buah yang termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.
Nama mangga berasal dari bahasa Malayalam maanga. Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris). Untuk nama buah-buahan kali ini kita ga ngikutin dari bahasa Belanda ya 😊 Asli bahasa Indonesia. Untuk bahasa Jerman sendiri ikut arus aja 😊 karena buah ini bukan asli berasal dari tanah Eropa.

Menurut riwayatnya, tanaman mangga berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, kemudian menyebar ke Asia Tenggara setidaknya 1500 tahun yang silam.
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Sapindales
Famili : Anacardiaceae
Genus : Mangifera
Spesies : M. indica

Sekarang kita lihat kandungan gizinya yuk..

Kandungan gizi dalam 100 g

Energi 272 kJ (65 kcal)
Karbohidrat 17 g
Gula 14,8 g
Diet serat 1,8 g
Lemak 0,27 g
Protein 0,51 g
Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vitamin B1) 0,058 mg (4%), Riboflavin (Vitamin B2) 0,057 mg, (4%), Niacin (Vitamin B3) 0,584 mg (4%), Asam Pantotenat (Vitamin B5) 0,16 mg (3%), Pyridoksin (Vitamin B6) 0,134 mg (10%), Asam folat (Vitamin B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%)
Kalsium 10 mg (1%), Zat Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Zink 0,04 mg

Wow, mantap banget mangga juga memiliki begitu banyak vitamin dan mineral 😊Tentunya kalo banyak nutrisi pasti banyak manfaatnya ya, ga hanya sebagai makanan yang menyegarkan dan menyenangkan, juga baik untuk kesehatan. Ga hanya buahnya dapat dimanfaatkan, bahkan batang, kulit dan daunnyapun sangat bermanfaat. Yuk kita liat manfaat mangga ini

Biji mangga dapat dijadikan pakan ternak atau unggas. Daun mudanya dilalap atau dijadikan sayuran. Kayunya dapat dijadikan arang yang baik.

Daun mangga mengandung senyawa organik tarakserol-3 beta dan ekstrak etil asetat yang bersinergis dengan insulin mengaktivasi GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen, sehingga dapat menurunkan gejala hiperglisemia.

Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar atau campuran es, dalam bentuk irisan atau dijus. Buah yang setengah matang biasanya dirujak, djadikan minuman segar dengan dicacah-cacah diberi gula sedikit dan air es, diolah menjadi manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain.

Kalo ane buah yang matang dimakan segar aja, biar nutrisinya tetap terjaga kata emak ane 😊 Kalo lagi pengen makan mangga tapi baru setengah matang, biasanya ane cacah-cacah dagingnya dan diberi sedikit gula dan air, masukin kulkas beberapa saat dan dinikmati selagi dingin. Segar manis asam krenyes manja MasyaAllah.. Kalo yang mau agak ribet dikit boleh juga mangganya dibikin Mango Thai, biar kekinian kata anak muda

Manfaat buah mangga untuk kesehatan antara lain:

Mengurangi kadar gliserol
Vitamin C yang tinggi dan kaya serat yang terdapat dalam buah mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Buah ini juga kaya kalium. Kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyeimbangkan sel cairan tubuh yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung

Mencegah kanker
Buah mangga mengandung antioksidan seperti astragalin, asam gallic, quercetin, methylgallat dan isoquercitrin yang dapat membantu menghambat tumbuhnya segala jenis kanker pada tubuh. Kandungan antioksidan seperti zeaxanthin, betakaroten dan senyawa polifenol juga dapat meurunkan resiko seseorang terkena kanker dan menurunkan ukuran tumor.

Membakar kalori
Buah mangga dapat membakar lemak dan kaya serat yang membantu melancarkan pencernaan hingga membantu menjaga sistem pencernaaan dan terpenuhinya vitamin.

Melancarkan pencernaan
Konsumsi mangga secara rutin setiap hari dapat membantu mengatasi konstipasi kronis. Ini karena adanya kandungan serat dalam buah mangga. Buah ini juga menurunkan produksi endotoksin dari bakteri, menurunkan inflamasi dan meningkatkan konsentrasi asam lemak yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus.

Mengendalikan berat badan
Kandungan gula yang tinggi dalam mangga menjadi sumber gula alami bagi tubuh. Buah ini dapat membantu kita untuk mengurangi kecanduan terhadap makanan yang manis-manis seperti permen, yang dapat meningkatkan berat badan. Mangga juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi yang memungkinkan kita tetap kenyang lebih lama, sehingga dapat mengendalikan untuk makan lebih banyak.

Menyehatkan kulit wajah
Kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam buah mangga membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dibutuhkan oleh kulit dalam pertumbuhan jaringan sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan kolagen. Oleh karenanya buah mangga dapat digunakan sebagai masker wajah juga lho! Menyegarkan dan membantu memperbaiki pori-pori pada wajah dan mengurangi jerawat. Masker ini dapat digunakan untuk segala jenis kulit.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah mangga selain kaya akan serat juga kaya akan vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Menyehatkan mata
Vitamin A yang terdapat pada mangga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan menjauhkan dari penyakit mata seperti rabun jauh dan iritasi pada mata.

Solusi untuk yang kekurangan zat besi
Kandungan zat besi yang terdapat dalam mangga sangat bermanfaat untuk yang menderita kekurangan zat besi seperti anemia. Zat besi juga baik untuk ibu hamil dan wanita menopause

Mengobati peradangan pada tubuh
Mangga mengandung senyawa antiradang seperti betakaroten dan vitamin C

Meredakan inflamasi
Buah mangga yang mengandung senyawa polifenol dapat meredakan gejala dan inflamasi pada tubuh

Kaya akan antioksidan
Beragam khasiat yang diperoleh dari mengkonsumsi buah mangga merupakan peran senyawa antioksidan. Efek antioksidan ini dapat melawan senyawa radikal bebas penyebab penyakit. Mangga mengandung senyawa mangiferin, senyawa fenolik, vitamin C, vitamin D dan betakaroten.

Menurunkan resiko diabetes
Mangga ternyata dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena adanya senyawa magniferin yang terkandung di dalam mangga.

Menurunkan resiko terkena penyakit virus
Senyawa antioksidan magniferi dapat menghambat proses perkembangan virus dan menurunkan resiko terjadinya penyakit virus tersebut, seperti herpes.

Nah, dilihat dari manfaatnya yang baik untuk kesehatan selain sebagai cemilan yang menyenangkan, ga ada salahnya menjadikan mangga buah favorit kita setiap hari ya. Hidup sehat alami dambaan kita semua 😊

Bir cevap yazın