Kenalan ma Wina yuk, kota terbesar di negara Eropa, Austria

2.230 Views

Pengen deh ke Wina lagi. Kemarin-kemarin berada di Wina hanya sesaat, saat tiba pertama kali di tanah Eropa di bandara Internasional Wina ma di stasiun kereta apinya, Westbahnhof. Ga sempat keliling apalagi jalan-jalan,karena kita masih lanjut perjalanan menuju rumahnya suami. Padahal kota Wina cantik lho. Ane terkesima melihat kecantikannya saat pertama kali tiba di darat. Tau gelagat ane, suami motoin ane beberapa detik sebelum lanjut perjalanan biar ane ga penasaran 😊Ya, Wina emang terkenal akan kecantikannya. Kota ini terkenal sebagai kota musik, kota budaya, teater, kuliner, pariwisata, juga kota yang bersih, rapi, tertib dan teratur.

Kenalan ma kota Wina yuk. Wina adalah kota terbesar di Austria, dan merupakan ibukota Austria yang dulunya juga merupakan ibukota kekaisaran Habsburg dan pusat ekonomi Eropa Tengah bagian selatan selama berabad-abad. Wina dengan penduduk kurang lebih 1,8 juta jiwa ini terletak di bagian timur laut Austria, berjarak 65 km masing-masing dari Republik Ceko atau Hongaria di sebelah timur. Luasnya 45 km², dikelilingi oleh negara bagian (Bundesland) Austria Hilir.

Austria terdiri dari 9 negara bagian, negara bagian merupakan struktur pemerintahan tertinggi, distrik, kota-kota dan terakhir adalah gemeinde. Nah, kita tinggal gemeinde, di bagian terkecil struktur pemerintahan ini. Lanjut lagi Wina, dari 23 distriknya, 21 berlokasi di sebelah kanan Sungai Donau (dari arah aliran ke bagian selatan). Distrik pertama membentuk pusat kota atau Innere Stadt. Di pusat kota terdapat terusan yang dinamakan Donaukanal, salah satu anak sungai Donau yang membentuk sebuah pulau di mana ada berdiri dua distrik Wina, Briggettenau dan Leopoldstadt.

Dikenal sebagai kota budaya, tempat kelahiran dan banyak musisi ternama antara lain Schubert, Johann Strauss I dan Brahms. Mozart dan Beethoven, Wina adalah kota meniti karir, puncak hingga menutup mata. Dari kota ini banyak lahir gubahan-gubahan dan opera terkenal, sehingga dijuluki sebagai kota musik di Barat. Karya musisi Johann Strauss, Mozart dan Beethovan masih dinikmati sampai hari ini. Bahkan Mozart telah dijadikan ikon untuk kota Wina. Dekat Gedung Opera ada patung Mozart yang sedang bermain biola berdiri di tengah taman kota. Di sebuah taman bernama Stadtpark ada patung perunggu Johann Strauss yang sedang memainkan violin didirikan pada tahun 1921. Di kota ini juga banyak terdapat opera house teater musik klasik.

Tidak hanya terkenal akan musik dan musisinya, kota Wina terkenal akan kecantikan arsitekturnya yang merefleksikan bentuk-bentuk terbaik dari berbagai zaman, mulai dari periode Gothik, Barok hingga modern. Meskipun pernah hancur akibat Perang Dunia II, kota Wina telah bangkit dan menjadi kota industri modern serta pusat komunikasi.

Tempat-tempat wisatanya sangat indah dan apik, seperti Stephansdom (Katedral St. Stephen), yang dikenal dengan arsitektur menara selatan sebagai titik tertinggi katedral yang dikonstruksikan selama 65 tahun, dari 1368 samapi 1433, Ring Boulevard, Karntner Strasse yaitu pusat belanja dan jalan-jalan, yang terbentang dari alun-alun Stephansplatz, bersatu dengan Ring Boulevard dekat Wiener Staatsoper (Gedung Opera Wina) melewati hotel Sacher yang terkenal akan kue coklat yang bernama Sachertorte, museum Albertina yang menyimpan seni grafis, lukisan dan sketsa dari para pelukis terkenal, dan masih banyak lagi. Di kota ini terdapat berbagai istana-istana cantik yang sebagian telah menjadi museum dan masih terawat hingga kini, seperti istana Schönbrunn, istana Hofburg dan istana Belvedere. Maklum ya karena dulunya pernah berbentuk kerajaaan. Wina juga merupakan kota cantik dengan banyak taman kota, salah satunya adalah Volksgarten. Sama seperti Jenewa, Swiss, di Wina juga terdapat kantor pusat PBB (United Nation) dengan nama Vienna International Center.

Sebagai pusat jalur kereta api nasional, Wina dilewati jalur kereta barat (Westbahnhof) sampai ke Salzburg. Sementara jalur kereta selatan (Südbahn) menghubungkan Wina dengan Graz dan Trieste. Bandara Internasional Schwechat terletak 19 km di timur, masih dalam wilayah kota.

Sistem transportasinya juga sangat mendukung tuh. Kalo yang mau keliling Wina bisa menggunakan kereta api bawah tanah. Tiket kereta api tidak diperiksa, hanya sekali saja karena kepercayaan kepada masyarakatnya tinggi. U-Bahn atau jalur kereta api bawah tanah menghubungkan stasiun-stasiun kereta api utama dengan pusat kota. Jalur kereta api cepat metropolitan atau Schnellbahn (S-Bahn) mengantarkan penumpang dari bagian selatan kota dan seberang sungai Donau ke bagian utara kota dalam waktu singkat. Ada juga tram (Strassenbahn) dan bus.

Penduduk Wina suka jalan-jalan, baik di jalan utama, taman-taman atau hutan wisata. Berbagai obyek wisata dirancang agar bisa menunjang kegiatan jalan-jalan. Mereka menghargai kehidupan tenang dan menyenangkan (gemütlichkeit) seperti menikmati minum kopi atau anggur di kedai-kedai pinggir jalan.

Bir cevap yazın