Ke Neubau kita, distrik ke-7 Wina dengan U-bahn menuju Neubaugasse

356 Views

Kota Wina yang cantik memiliki 22 distrik (bahasa Jermannya Bezirk). Kalo mau dikelilingi semuanya ga cukup sehari dua hari. Kadang-kadang satu distrik memiliki beberapa tempat wisata, belum lagi pemandangannya yang menyejukkan mata bisa bikin kita terkesima dan terlena, musti ingat waktu nih kalo ga mau ngabisin seharian di tempat.

Seperti saat kita ke distrik Neubau, distrik ke-7 Wina, merupakan distrik yang muda meski berdiri pada tahun 1850. Ini adalah distrik terdekat kedua dari stasiun Westbahnhof tempat kita memulai perjalanan menelusuri Wina dari hotel tempat kita menginap di Längenfeldgasse. Dari stasiun Längenfeldgasse kita naik kereta api di jalur coklat ke Westbahnhof, lanjut lagi naik kereta api satu kali aja di jalur U3 warna oranye. Jalur ini melayani rute Ottakring-Simmering dengan panjang 13,5 km sebanyak 21 stasiun. Sebelum ke tempat yang dituju, kita melalui stasiun Zieglerg. Stasiun Zieglerg yang dibuka pada 4 September 1993 ini memiliki platform bertumpuk, kereta api yang menuju Simmering berada di atas kereta api menuju Ottakring. Begitu juga saat sampai di stasiun Neubaugasse yang  terletak di distrik Neubau hanya 2 menit aja perjalanan 😊, sama dengan stasiun Zieglerg, stasiun ini dibuka pada waktu yang sama dan memiliki platform bertumpuk juga. Saat kita tiba di stasiun dan keluar menuju darat, mata kita langsung disambut pemandangan indah deretan bangunan tua nan klasik berpadu ma bangunan modern, berbagai pertokoan, butik, restoran, pedagang kaki lima juga gereja tua berbaur jadi satu. Kawasan ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di kota Wina.

Kita jalan-jalan sebentar di area ini pada waktu pagi hari pukul 11 an, masih sepi. Hanya ada sedikit aktivitas seperti warga yang olahraga lari pagi dan bersepeda, ada turis yang selfi-selfian juga burung-burung merpati yang bebas berkeliaran di area ini bermain dan mencari makan. Ramai disini biasanya menjelang sore, pukul 14 an, maklum musim dingin. Kalo di kampung kita jam seginian masih siang ya😊 Karena masih sepi, ane santai aja jepret sana sini. Bangunan cantik, gereja tua bahkan kantor Polisi yang berdiri dah ratusan tahun, yang sebelumnya adalah kastel ga luput dari jepretan ane😊

Penduduk distrik Neubau yang memiliki luas 1,61 km² ini ga banyak, hanya 32 ribuan orang. Di sini juga terdapat tempat wisata yang menarik minat wisatawan. Seperti Volkstheater atau Teater Rakyat yang berdiri pada 1896 atas permintaan rakyat Wina dan Museum Quartier. Di kompleks museum ini kita bisa menikmati koleksi materpiece sejak abad 19 hingga sekarang di Museum Leopold. Kalo koleksi seni modernnya di Museum of Art. Ada juga museum anak Kindermuseum yang menampilkan berbagai pameran menarik yang interaktif. Museum yang terkenal untuk anak mudanya ada Natural History Museum.

Kita ga lama disini karena harus lanjut lagi perjalanan. Sebelumnya kita dah survei tempat-tempat cantik di tempat yang kita tuju selanjutnya. Masih di jalur yang sama U3 warna oranye, kita meluncur ke Herrengasse dan Stephansplatz. Yuk, ikuti perjalanan kita terus sambil nyantai minum jus atau teh dan ngemil sesuka hati 😉