Di Austria, spagheti disulap jadi mie, bisa? Bedanya ma Pasta, Pampi, Ramen, Udon, Spätzel?

676 Views

Kalo lagi pengen, maunya ga ditunda-tunda ya. Seperti hari ini pengen banget makan mie goreng, gara-gara liat instagram keponaan yang diposting mamanya, sedang menikmati mie ayam jamur. Mau dong.

Tapi gimana ya.. mie ga ada di sini, baik yang segar maupun instan, ga kayak di Indonesia yang ada dimana-mana. Liat isi dapur yang ada hanya bermacam-macam spagheti, mulai dari yang tebal kayak sedotan, yang gempal kayak pena sampai yang kurus panjang kayak lidi. Ada juga makaroni yang kayak sedotan tapi dipotong serong dan makaroni model pita kupu-kupu. Kalo yang model pita kupu-kupu ini pernah ane kreasikan, dibikin chips, niru adik perempuan ane di tanah air beta yang anaknya doyan banget makaroni yang digoreng garing, jadinya kriuk-kriuk manjaa😊
Setelah diperhatikan kayaknya spagheti yang kurus kayak lidi agak nyambung sama mie.

Sebenarnya apa sih beda spagheti dan mie, juga pasta, ramen, udon yang heboh yang jadi favorit kalangan luas ini? Atau kalo di tempatnya bude tetangga sebelah di kampung halaman namanya bakmi, atau di kampung ane sendiri pampi? Pampi ya bukan ranjang 😊
Nah, ternyata spagheti adalah sejenis pasta yang berbentuk panjang , tipis, silindris dan padat.

Ini adalah makanan pokok dalam masakan Italia tradisional. Karena berbentuk seperti mie, kebanyakan orang menyebutnya mie dari Italia meskipun banyak varian pasta lainnya yang berbentuk seperti mie. Seperti pasta pada umumnya, spagheti terbuat dari gandum giling dan air. Spagheti Italia terbuat dari semolina gandum durum, tetapi di tempat lain bisa dibuat dengan tepung jenis lain, seperti gandum hitam.

Ternyata lagi spagheti banyak lho gizinya dan menjadi makanan yang disukai segala kalangan. Yuk kita liat kandungan gizinya
Jumlah per 100 g
Kalori (kcal) 157
Jumlah lemak 0,9 g
Lemak jenuh 0,2 g
Lemak tak jenuh ganda 0,3 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 44 mg
Jumlah karbohidrat 31 g
Serat pangan 1,8 g
Gula 0,6 g
Protein 6 g
Kalsium 7 mg
Zat besi 1,3 mg
Magnesium 18 mg

Tadi dah disebutkan kalo spagheti adalah sejenis pasta. Jadi spagheti adalah juga pasta. Kalo di Indonesia pasta yang populer adalah spagheti, selain makaroni dan lagsana. Makaroni adalah pasta atau mie asal Italia, dipotong pendek-pendek, melengkung dan berlubang di tengahnya. Biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Makaroni itu sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sapi, sayur-sayuran dan banyak lagi sesuai selera. Lagsana itu sendiri adalah pasta yang dipanggang di oven. Dapat diisi dengan banyak isian seperti daging, ayam, seafood (baca: makanan laut), sayur-sayuran dan sebagainya sesuai selera. Cerita tentang lagsana, ane taunya pertama kali dari ipar di kampung halaman yang beliin lagsana buat anaknya dan kita-kita orang rumah. Juga saat suami tanya ma ane tau ga lagsana dan cara memasaknya, sambil nunjuk lagsana yang ada di rak penjualan di supermarket di Austria ini. Biasanya beliau selalu suka cari bahan makanan yang mungkin baru kali pertama ane liat dan mencoba ane untuk memasaknya😊

Kalo orang Eropa menyebut mie dengan sebutan pasta. Kok jadi muter-muter ya 😊 Lha jadi pasta sendiri apa? Pasta juga sama dengan spagheti adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari tepung terigu Semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum, olive oil atau minyak zaitun, telur dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Kalo pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Semolina dan Farina. Pasta ada yang berbentuk kering dalam kemasan, ada juga yang segar. Kalo dalam bentuk kering bisa tahan disimpan hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air 10%. Pasta segar dibentuk beberapa saat sebelum pasta direbus dan hanya memiliki waktu masak yang singkat, namun tidak tahan lama karena kandungan air yang tinggi. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus.

Dalam bahasa Inggris, pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus. Pasta berasal dari bahasa Italia ‚‘Pasta Alimentare‘ yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, pasta bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry atau cake. Dalam bahasa Italia, pasta yang berarti bahan makanan seperti mie disebut Pastasciutta.

Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir tiap tahun tercipta bentuk yang baru. Wow.. super kreatif😊. Pasta yang berbentuk panjang seperti mi disebut spagheti, nah, ternyata yang ane temuin di dapur variasi yang lebih kurus disebut Vermicelli dan yang agak tebal Fettucine. Trus ternyata lagi yang pendek-pendek seperti pena disebut Penne dan yang berbentuk kupu-kupu disebut Ferfalle.

Balik lagi ke spagheti, jadi spagheti adalah bagian dari pasta yang terdiri dari bermacam-macam jenis. Pasta itu juga adalah mie. Kalo orang Inggris menyebut mie adalah noodle, yaitu pasta yang berbentuk memanjang. Jadi spagheti itu adalah juga mie yang berasal dari Italia. Nah, sekarang mie. Di Eropa,bahan baku mie biasanya dari jenis-jenis gandum, sementara di Asia bahan baku mie lebih bervariasi. Perbedaan mie terjadi karena campuran bahan, asal usul tepung sebagai bahan baku serta teknik pengolahan. Jadi dah paham ya apa itu spagheti, pasta dan mie

Trus kalo yang suka bela-belain menikmati mie Ramen di restoran Jepang itu sebenarnya apa sih, mie juga? Iya benar, masih sebangsa mie. Sebenarnya mie ramen ini adalah mie kuah yang berasal dari China, tapi sangat terkenal di Jepang hingga mengira mie ini berasal dari Jepang. Iya juga sih, kalo denger Jepang mah orang suka lebih elit bila dibanding China 😊

Nah, kalo Udon ini emang benar berasal dari Jepang, mienya tebal terbuat dari tepung terigu. Soba juga, tapi mie ini berwarna kecoklatan yang terbuat dari tepung buckwheat. Kalo Jerman sendiri ternyata ada juga mie, tepatnya berasal dari Swabia, Jerman, namanya Spätzle, dibuat dengan campuran kuning telur. Pantes di kemasan pasta ane sering nemu tulisan Spätzle ini😊 Sekalian deh negara Turki, ada juga mie namanya Eriste yang berwarna kuning atau kemerahan. Nah, kalo bakmi ini asli produk dari Indonesia, tepatnya dari tanah Jawa, tempat asalnya bude tetangga ane di kampung halaman, terbuat dari tepung ketela pohon. Sedangkan mie khas dari kampung halaman ane sendiri ada juga nih, pampi namanya, terbuat dari tepung beras. Gosipnya ni mie asli dari daratan China dan sering dimasak oleh warga peranakan China di sini tapi egepe kata orang ya yang pasti melayu (baca : pribumi) suka ma pampi. Kalo kita yang bikin dijamin halal

Pampi identik ma kwetiaw, tapi kwetiaw lebih kenyal, pampi lebih endess. Sama juga seperti mie, ada yang kemasan kering dan segar. Kalo yang kering, direbus dulu beberapa saat, kalo yang segar, setelah dibuat pampinya bisa langsung diolah. Kalo di goreng namanya pampi goreng, dengan tambahan sesuai selera, mau telur, irisan daging sapi, suwiran ayam, bakso ikan, bakso daging bahkan seafood seperti udang atau dicampur jadi satu semuanya.. Uh, yummy😊 Ada juga yang berkuah, sama dengan tambahan sesuai selera, makannya bisa bikin keringatan saking nikmat dan segar, aaa..mantap deh pokoknya 😊

Nah, karena ane lagi pengen menikmati mie goreng di hari yang dingin syahdu ini dan yang ada di dapur adalah spagheti, maka ane sulap spaghetinya menjadi mie. Tapi kan setelah dibahas tadi ternyata spagheti itu adalah termasuk pasta alias mie juga. Jadi biar bercita rasa Indonesia dan kembali ke selera asal, maka ane masak sesuai dengan bumbu-bumbu khas Indonesia, seperti bawang putih, lada, seledri dan daun bawang dengan sosis kalkun pengganti udang. Oregano dan teman-teman abaikan dulu 😉Lumayan terbayar akhirnya kepengen ane makan mie goreng, kayak bayar hutang, lunas. Alhamdulillah mantap rasanya 😊

Bir cevap yazın