Teh Pepermint, teh tanpa kafein yang kaya manfaat

489 Views

Ceritanya nih suami pengen ngeteh, tapi yang sesuatu banget gitu, bukan yang biasa-biasa aja. Akhirnya suami coba teh ini. Eh ternyata asik juga. Benar-benar sesuatu banget lho karena tanpa kafein.. aromanya bikin jatuh cinta saking harum dan nyegarin jiwa ­čśŐ dan yang pasti banyak manfaatnya untuk kesehatan. Apalagi untuk emak-emak jaman now yang dilanda akut parah karena takut gemuk.. ini dia solusi cantiknya, alami tanpa efek samping

Kita belinya di supermarket dengan harga sekotak yang kalo dirupiahin ga nyampe 20 ribu. Sekotak isinya 50 bungkus dan tiap-tiap bungkusnya 2,25 gr

Jadi penasaran ya ma teh satu ini, dah banyak manfaat, ga mahal-mahal banget juga mudah ditemuinya.. Teh pepermint namanya.. kalo disini namanya Pfefferminze Tee. Teh ini dibuat dari daun mint kering. Kalo pemirsa ada tanaman ini di kebun, bisa kok  membuatnya. Petik dan keringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai benar-benar kering. Tumbuk sampai halus, kemudian ambil 2 sendok makan bubuk, tuangkan air mendidih, biarkan 15 menit untuk mendapatkan aroma terbaiknya. Kemudian agar kelihatan jernih dan bersih, saring ampasnya. Atau kalo mau yang segar, daun mintnya tinggal dipotong-potong kecil, dihancurkan dikit, masukkan dalam air panas yang dimasak, dibiarkan beberapa menit juga biar aromanya keluar. Sama dengan cara di atas, kalo mau jernih dan bersih bisa disaring terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Nama ilmiah pepermint adalah Menta Piperita, persilangan antara mint air dan spearmint. Awalnya tanaman ini berasal dari Eropa kemudian menyebar menjadi komoditi global laris manis dapat ditemui dimana aja. Komponen utama dalam tanaman ini adalah mentol. Minyak pepermintnya terkenal dalam bidang pengobatan.

Jadi pengen tau nih apa manfaatnya hingga teh ini begitu dicintai dan digemari. Tadi diawal dah disinggung sedikit manfaatnya, yuk kita lanjut lagi

Demam
Bisa mengurangi demam, ini karena adanya komponen mentol yang bikin kita keluar keringat tapi juga efek mendinginkan, mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan pada demamnya

Kesehatan pencernaan
Ini karena sifat karminatifnya, yaitu membantu memindahkan gas melalui tubuh karena terakumulasi, yang menyebabkan kembung, kram dan ketidaknyamanan perut. Teh juga merangsang aliran angin untuk meningkatkan laju dan efisiensi pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus sehat. Juga bersifat analgesik, sehingga mengurangi rasa sakit yang terkait kram, kembung dan gangguan pencernaan. Ini disebabkan efek menenangkan usus dan otot polos saluran pencernaan. Diare, sindrom iritasi usus besar dan sembelit bisa diperbaiki dengan teh ini ya ­čśŐ

Mual dan muntah
Ada yang tau ga kenapa kadang kita suka bawa-bawa minyak angin aroma mentol kalo lagi dalam perjalanan.. Ini karena sifat antispasmodiknya, yaitu mengurangi kemungkinan muntah dan mual juga mengurangi sakit perut dan mual karena sifat anti inflamasinya. Jadi teh bagus untuk mual dan muntah juga sakit perut dan mabuk perjalanan baik darat, laut maupun udara

Masalah pernafasan
Teh ini bermanfaat untuk masalah pernafasan. Sifat ant ispasmodiknya membebaskan dari sensasi iritasi yang memperburuk kondisi pernafasan, merelaksasi otot-otot tenggorokan dan dada, menghilangkan efek gejala flu dan flu.

Sistem kekebalan
Sebagai anti bakteri penyebab penyakit termasuk demam, batuk dan pilek. Unsur-unsur vitamin B, potasium, anti oksidan dan kalsium membantu penyerapan nutrisi tubuh untuk melawan penyakit sehingga menjaga tubuh tetap bekerja dengan sehat.

Nafas buruk
Terus kenapa juga ya kalo di pasta gigi selalu ada komponen mentol. Ini terkait juga akan manfaatnya untuk kesehatan mulut dan gusi, seperti mengurangi bau mulut dan sensasi segar. Unsur anti bakteri membunuk kuman penyebab halitosis. Mentolnya memperkuat gusi dan mengurangi bau busuk sehingga nafas menjadi segar dan bersih

Berat badan
Aroma minyak pepermint dan beberapa komponen organik bisa menghilangkan nafsu makan, sehingga mengurangi untuk makan berlebih.

Tingkat stress
Sifat alami obat penenang dan anti spasmodik mentol sangat baik untuk menghilangkan tekanan mental. Sifat anti inflamasinya mengurangi tekanan darah dan suhu tubuh sehingga bisa lebih tenang, santai dan rileks

Seru kan teh pepermint ini. Yang mau menjalani gaya hidup sehat, ga ada salahnya kok jadikan teh ini sebagai teh favorit kita. Tapi meskipun enak dan kaya manfaat, pastikan mengkonsumsinya ga berlebihan ya. Karena yang berlebihan itu selalu ga baik.. bisa menyebabkan diare, detak jantung melambat dan jantung berdebar-debar, tersedak dan batuk. Meskipun juga bersifat alami dan hampir tanpa efek samping, beberapa orang mungkin ga disarankan mengkonsumsinya seperti anak kecil dan bayi karena masih mengembangkan sistem kekebalan tubuh mereka, untuk yang bermasalah dengan asam refluk juga wanita hamil karena dapat membawa relaksasi uterus pada waktu yang salah.

Ok deh. Selamat menikmati teh pepermintnya dan jangan lupa kunjungi selalu blog ane ya.. karena ane selalu ada cerita tiap harinya ­čśŐ

Bir cevap yaz─▒n