Elegannya labu kuning vs Mango Thai

800 Views

Semenjak jadi emak-emak, ada aja bahan yang membangkitkan kreativitas, tentunya ala emak-amak ya.. Seperti saat ini, dikampung halaman ane lagi booming Mango Thai. Ane tau ini dari postingannya teman, emak-emak baru di ig (baca: instagram), juga anak muda tanggung. Ampir di setiap halaman ig ternyata pemirsa juga rame-rame postingin Mango Thai, biar kekinian kali ya..

Ane jadi hafal bentuknya, bagian pertama jus mangga kuning orange menyala kemudian potongan mangga kotak-kotak dan disiram dikit ma krim putih, biasanya ditempatin khusus di gelas tinggi, dipercantik ma daun mint. Keliatan elegan banget ya dan bikin nafsu (mo nyicip maksudnya 😊)

Awalnya ane ga tau apa ini. Aaaa… dasarnya ane ya. Kalo ga ada ig juga lebih-lebih ga tau apa-apa ni yang lagi booming di kampung halaman 😊 Tau awalnya apa? Labu kuning dikolakin!!  Mango Thai elegan gini kok dikira labu kuning! Tapi jangan dikira labu kuning ga bisa jadi keliatan elegan ya.. Ditangan emak-emak now, labu ala ane bisa keliatan elegan dan penampakannya ga kalah ma Mango Thai

Tapi sekilas fisiknya emang mirip kok, sampe ada kepikiran untuk bikin Mango Thai. Tapi entah kenapa bawaannya kalo liat mangga, langsung mo dimakan aja, ga sempat kalo mo dijus dan dikotak-kotakin dulu 😊 Teringat emak dikampung bilang kalo buah enakan dimakan langsung terasa segar dan masih lengkap nutrisinya dan yang pasti ga ribet 😉Apalagi kalo soal rasa, mangga yang banyak vitamin C nya dikombinasiin ma krim yang rada-rada lemak gitu nyambung apa! Tapi kalo jaman now sah-sah aja kali ya soal rasa. Protes ni kisahnya 😊

Ngomong-ngomong soal labu ni.. buah atau sayuran ya.. Ternyata buah lho! Kenapa buah, ga sayur ajaa.. kan emak-emak suka tuh labunya dibikin bermacam sayur, dilodeh, ditumis, dibening, disop juga asik. Tapi tetap aja buah. Nanti kita bahas di edisi selanjutnya yaa😉

Buah labu tahan lama karena kulit dan dagingnya yang keras, saat mentah memiliki vitamin A yang tinggi banget. Mantep ni.. Begitu juga kalo direbus, dikukus dan dimakan anget tiap hari bisa ningkatin penglihatan, melawan radikal bebas, nurunin kolesterol serta membantu penurunan berat badan yang sehat. Kalo yang terakhir ini kabar baik buat emak-emak yang semenjak nikah biasanya selalu panik ma masalah berat badan 😉Kalo buat emak-emak baru yang mo promil, asam folat alami bisa didapat dari labu ini. Lumayan lho, 57 mcg tiap 100 g nya. Labu juga kaya akan vitamin C. Makan labu baik untuk jantung dan mengandung serat, kalium dan vitamin C untuk asupan jantung. Bahkan dapat nurunin resiko kanker prostat dan kanker usus besar. Waahh..

Nah gara-gara postingan Mango Thai, ane jadi pengen ni.. eh yang ada di rumah stok labu. Ok, ga apa-apa, labu juga asik. tapi labu yang di rumah bentuknya lonjong panjang. Umumnya sewaktu di Indonesia labu yang ane temui kan bulat bontot ya.. tapi alhamdulillah kalo soal rasa sama aja.. namanya juga sesama labu ya, masih satu keluarga..

Ok, mari langsung eksekusi aja. Simpel cara emak-emak now ya.. Labunya dikupas dulu trus dipotong kotak-kotak dadu, direbus ma air perbandingannya 1:1 sebentar aja, asal keliatan dah mateng. Kalo mo manis kasih gula sedikit aja.. jangan manis-manis ntar yang mo progam diet gagal deh😊 Terakhir disiram ma susu cair atau santan kental atau krim juga ok.. Endess, nutrisinya tetap terjaga. Bermanfaat banget, apalagi d itempat ane yang sedang musim dingin ini. Nah, kalo soal fisik jadi seperti Mango Thai kan.. Ga ada Mango Thai, kolak labu jadi juga 😊Ayo pemirsa boleh dicoba ni labu kuning dikolakin endess ala ane nan simpel dan penuh gizi serta penuh manfaat

Bir cevap yazın