Berkah dibalik musim dingin

427 Views

Kalo dingin yang kebayang sama kita-kita apa ya? Es krim 😊 Temen ane yang sesama orang Indonesia baru yang tinggal di negeri orang (Jerman) bilang, ini saatnya badan kita makin melar dek, dingin-dingin begini bikin ngantuk, enak tidur, enak makan. Walah.. biasa aja si kakak Medan ini 😊 Tapi emang benar adanya kalo suasana dingin syahdu begini bikin mata sayu-sayu manjaah 😊ngantuk dan enak tidur. Kalo serba enak begini ditambah ga aktivitas banyak, ini yang bikin badan bisa melar 😊

Dingin sekarang ini emang terlalu banget. Temperatur selalu minus dibawah nol derajat Celsius. Ane taunya kalo temperatur begini ya saat buka freezer kulkas. Tapi ini nyata ane alami dalam kehidupan sehari-hari ini. Padahal sebelumnya ngebayangin aja ga pernah bakal hidup dinegara dengan dingin kayak freezer kulkas begini 😉

Sebelum masuk musim dingin begini, masih musim panas kemudian musim gugur, ane emang bawaannya dah dingin mulu, maklum aja ane orang Indonesia yang biasa hidup dinegara tropis, lebih-lebih ane yang tinggal didaerah pantai yang panasnya bisa bikin gosong kulit 😊…musti tinggal dinegara sejuk cenderung dingin agak di ketinggian gitu.. ampir 360 derajat bedanya.. apa ga bikin shock fisik. Ibarat besi panas dicelupin ke air es😊. Apalagi ditambah musim dingin sekarang ini. Tapi tetap harus disyukuri ya. Dibalik dinginnya musim saat ini, ada banyak hikmah yang bisa ane petik. Sesuatu banget deh pokoknya kalo anak muda bilang sekarang 😊

Musim dingin ini malam lebih lama daripada siang. Maghribnya dimulai pukul 4 lewat dikit dan subuhnya ampir pukul enam. Rasanya tidur bangun tidur bangun lagi masih aja gelap 😊Sebagai muslim ini berkah lho! Kita bisa tidur kira-kira 1 atau 2 jam sesudah isya. Isya dimulai pukul setengah enam malam. Jadi kita tidur bisa pukul setengah delapan malam, kira-kira setengah sepuluh kita bisa bangun dan sholat tahajud

Siangnya cukup singkat. Terbit matahari mulai ampir pukul 8 pagi. Begitupun jarak waktu sholatnya singkat banget. Semisal zuhur yang dimulai pukul 12 dan asar pukul 2. Ntar maghribnya pukul 4 an dan isyanya pukul setengah 6. Ane biasanya setelah beres-beres kerjaan emak-emak rumah tangga, punya waktu luang dimanfaatin untuk sholat duha. Selesai sholat duha biasanya nunggu beberapa jam kemudian lanjut sholat zuhur trus sholat asar. Kadang karena begitu singkatnya jarak antara sholat asar dan maghrib ane menunggu juga

Nah, buat yang mo puasa ini berkah juga lho. Bayangin kalo subuh kira-kira ampir pukul 6 maka pukul 4 an dah buka, jadi cuma butuh waktu 10 jam buat puasa. Bahkan hari-hari kedepannya subuh bisa dimulai pukul 7 an dan maghrib pukul 3 an. Sepertinya kita hanya sarapan kemudian makan siang deh 😊Ga ada kesulitan berarti untuk berpuasa, ga lapar ga haus. Benar-benar berkah, diberi kemudahan banget sama Allah.

Benar sabda Nabi kita ribuan tahun lalu. Nabi Shallalahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Maukah kalian untuk aku tunjukkan atas sesuatu yang dengannya Allah menghapus kesalahan- kesalahan dan mengangkat derajat?“ Mereka menjawab, “ Tentu wahai Rasullulah“. Beliau bersabda,“Menyempurnakan wudhu pada sesuatu yang dibenci (seperti keadaan yang sangat dingin), banyaknya langkah kaki ke masjid dan menunggu sholat berikutnya setelah sholat. Itulah ribath.“ (HR. Muslim no. 251)

MasyaAllah.. Musim dingin bagaikan musim semi bagi orang beriman. Imam Ahmad mengeluarkan hadist dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Musim dingin terasa seperti musim semi bagi orang beriman“. (HR. Ahmad 3/75)

Imam Al Baihaqi dan selainnya mengeluarkan dengan tambahan “Musim dingin seperti musim semi bagi orang beriman. Siangnya begitu singkat, maka ia gunakan untuk berpuasa dan malamnya begitu panjang, maka ia gunakan untuk sholat malam“. (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro (4/297))

Benar banget. MasyaAllah. Alhamdulillah. Jadi bagi kita yang muslim kalo musim dingin begini kesempatan untuk beribadah. Dingin yang menusuk tulang ga masalah buat kita

Bir cevap yazın